Thursday, August 29, 2013

Pengertian Resistor


Pengertian dan fungsi resistor merupakan pembahasan kita kali ini. Resistor adalah komponen dasar elektronika yang berfungsi utama sebagai penahan arus sementara sebelum diproses dan disalurkan pada komponen lainnya dalam sebuah rangkaian.  Resistor oleh sebagian orang disebut restan yang artinya penahan sesuatu.  Bahkan ada lagi yang menyebut resistor dengan sebutan tahanan.
Resistor merupakan komponen elektronika terbanyak yang dipasang atau dipakai pada benda-benda elektronika.  Selain harganya yang relatif lebih murah dibanding komponen lainnya, resistor paling gampang didapat di pasaran.  Betapa pentingnya resistor dalam dunia elektronika.

Fungsi resistor adalah sebagai pengatur dalam membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian. Dengan adanya resistor menyebabkan arus listrik dapat disalurkan sesuai dengan kebutuhan. Adapun fungsi resistor secara lengkap adalah sebagai berikut :

  1. Berfungsi untuk menahan sebagian arus listrik agar sesuai dengan kebutuhan suatu  rangkaian    elektronika.
  2. Berfungsi untuk menurunkan tegangan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh rangkaian    elektronika.
  3. Berfungsi untuk membagi tegangan.
  4. Berfungsi untuk    membangkitkan frekuensi tinggi dan frekuensi rendah dengan bantuan transistor daan kondensator (kapasitor).