Tuesday, August 27, 2013

Konsep Energi


Hampir semua sudut kehidupan kita menggunakan energi listrik. Rumah, kantor, pertanian, kedokteran, komunikasi sampai hiburan seluruhnya menggunakan energi listrik.

Semua itu terwujud karena pemahaman dan kemampuan manusia mengolah energi listrik telah mencapai tingkat yang sangat tinggi seperti yang sekarang kita nikmati.

Akibat perkembangan dan materi yang luas maka lahirlah cabang ilmu terapan baru yaitu elektronika. Dapat kita katakan bahwa elektronika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pengolahan energi listrik.

Lalu apakah energi itu ?.Energi adalah kata yang akrab kita dengar, tetapi sesungguhnya tidak ada satu definisi manapun yang mampu memuaskan untuk menerangkan apakah energi itu.Energi adalah istilah yang kita gunakan untuk menamakan “sesuatu” yang dapat menyebabkab perubahan.

Perubahan itu antara lain dapat berupa: Gerakan, temperatur, wujud, tekanan dan lain-lain. Energi tidak berbentuk, berwujud atau berwarna tetapi kita dapat merasakan keberadaannya. Keberadaan energi itu dapat kita rasakan sebagai panas, gerakan dan hal-hal lain yang tidak mampu kita rasakan secara langsung.

Sering kali energi diberikan nama yang diambil dari nama zat yang dilekatinya misalkan : Energi air (salah satu energi yang dimaksud adalah energi kinetik pada pergerakan air ), energi angin, energi cahaya, energi matahari dll.

Ingat dan pahami bahwa energi tidak berbentuk atau berwujud, energi memiliki sifat dan karakteristik yang dapat dipelajari sehingga kita mampu memanfatkan dengan cara mengolahnya. Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan teori ini dikenal sebagai teori kekekalan energi.

Teori kekekalan energi nampaknya seperti salah, untuk itu perhatikanlah contoh kasus pada kendaraan mobil. Sebenarnya mobil merupakan perangkat yang mampu mengubah dari satu energi keenergi lain. Dimulai dari energi potensial kimia (bensin) lalu diubah menjadi energi panas (ledakan ) lalu berubah menjadi energi gerak, energi akhir dari kasus ini adalah energi potensial kimia (gas hasil pembakaran), energi panas yang terlepas kealam, energi potensial gesek, dan energi gerak yang 



dimanfaakan sebagai alat transportasi.